Biostatistika (bag 1)

Rancangan Percobaan
A.    Pendahuluan
Sebelum membahas tentang rancangan percobaan, terlebih dahulu kita harus mengetahui pengertian tentang percobaan itu sendiri, karena dalam rancangan percobaan selalu terkait dengan percobaan. Arti dari percobaan adalah:
1.      Suatu tindakan atau pengamatan khusus yang dilakukan untuk memperkuat (membuat konfirmasi) atau meniadakan (menunjukkan ketidakbenaran) sesuatu yang meragukan, khususnya untuk hal-hal yang kondisinya ditentukan oleh sipeneliti.
2.      Suatu tindakan yang dilakukan untuk menemukan beberapa prinsip atau pengaruh yang tidak atau belum diketahui atau untuk menguji, menguatkan atau menjelaskan beberapa pendapat atau kebenaran yang diketahui atau diduga.
3.      Suatu rangkaian kegiatan untuk mencari jawaban dari permasalahan dengan menguji hipotesis.
4.      Tindakan yang dilakukan secara terencana maupun coba-coba (trial) yang dirancang untuk mengetahui pengaruh faktor X terhadap Y. Dimana X merupakan faktor perlakuan dan Y adalah faktor pengamatan

B.     Definisi Rancangan Percobaan
Rancangan percobaan dapat didefinisikan sebagai berikut:
1.      Prosedur yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam sebuah penelitian
2.      Prosedur untuk menempatkan perlakuan ke dalam satuan unit percobaan dengan tujuan untuk memperoleh data yang valid (memenuhi persyaratan ilmiah)

C.    Beberapa Istilah Dalam Rancangan Percobaan
Dalam perancangan percobaan ada beberapa istilah yang dipergunakan dan harus dipahami terlebih dahulu sebelum membicarakan perancangan percobaan secara lebih rinci. Istilah istilah tersebut antara lain:
1.      Treatment (perlakuan)
Perlakuan adalah suatu prosedur atau metode yang dikenakan pada unit percobaan dan diukur pengaruhnya serta diperbandingkan satu dengan yang lain. Prosedur atau metode yang diterapkan misalnya pemberian jenis pupuk yang berbeda, dosis pemupukan yang berbeda, jenis media tanam yang berbeda, pemberian intensitas cahaya yang berbeda serta kombinasi dari semua taraf-taraf beberapa faktor dan lain-lain.
2.      Satuan percobaan (Experimental unit)
Satuan percobaan atau unit percobaan adalah unit terkecil dalam suatu percobaaan yang diberi perlakuan. Unit terkecil biasanya berupa petak lahan, individu, sekandang ternak dan lain-lain tergantung dari bidang penelitian yang sedang dipelajari. Sebagai contoh penelitian dibidang pertanian, unit percobaan: kumpulan tanaman dalam petak lahan dengan ukuran tertentu, perlakuan yang diterapkan misalnya jarak tanam dan pemupukan. Peneliti bisa mengatur jarak diperoleh akan mengarahkan interpretasi dan kesimpulan yang akan ditarik. Seperti halnya dengan rancangan percobaan, berbagai teknik analisis statistika juga telah banyak tersedia, peneliti tinggal memilih mana yang cocok bagi masalah yang dipelajarinya atau dapat berkonsultasi dengan ahli statistika.
Dalam memilih rancangan percobaan, harus disesuaikan dengan tujuan percobaan yang akan dicapai. Jika dengan rancangan percobaan yang paling sederhana telah dapat tercapai tujuan dari percobaan, maka sebaiknya dipakai rancangan tersebut. Namun kadang rancangan sederhana tersebut yang dikenal dengan istilah Complety Randomized Design tidak dapat digunakan, hal ini disebabkan oleh beberapa hal antara lain keterbatasan unit percobaan dan banyaknya perlakuan yang akan diuji pengaruh dari variabel “nuisance” yang ingin juga diketahui dan sebagainya.


Komentar